Bung Karno Pernah Taburkan Bunga dari Atas Heli ke Makam Ini

Makam Mangunkusumo

Presiden pertama Indonesia, Ir Sukarno, tergolong tokoh yang rajin berziarah ke makam-makam Pahlawan di sejumlah daerah, termasuk ke makam Pahlawan Dokter Tjipto Mangunkusumo di Ambarawa, Jawa Tengah. 

Bahkan, Sang Proklamator ini mempunyai cara unik saat berziarah ke makam Pahlawan perintis kemerdekaan ini. Menurut salah satu juru kunci makam Mangoenkoesoemo, Rosalia Suwarsinah (70), pernah dalam suatu kesempatan, Bung Karno melakukan tabur bunga dari atas Helikopter. Hal itu dilakukan oleh Bung Karno sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan untuk Dokter Tjipto atas jasa-jasanya kepada Bangsa dan Negara ini.

"Jika Bung Karno kebetulan melintas di langit Ambarawa, beliau selalu menaburkan bunga dari udara tepat di atas makam," kata Suwarsinah kepada Kompas.com, Senin (11/8/2014) siang.

Suwarsinah menuturkan, berdasarkan cerita Kaslan, ayahnya yang menjadi juru kunci pertama makam Dokter Tjipto, pada tahun 1955 Bung Karno juga pernah berziarah langsung dan bertemu dengan Kaslan. Bung Karno juga memberikan material bangunan untuk merenovasi pemakaman Dokter Tjipto. 

"Pak Karno kerap ke sini, pernah dia bilang sama ayah saya kalau Dokter Tjipto orang hebat. Kalau dia tidak meninggal, bakal jadi Presiden,” kata Suwarsinah atau biasa disapa Bu Sin. 

Dokter Tjipto Mangunkusumo

Menurut Suwarsinah, awalnya, makam Pahlawan Nasional itu tidak banyak yang tahu. Bahkan, jarang sekali pejabat berziarah ke makam tersebut pada momen-momen Hari Kemerdekaan ataupun Kebangkitan Nasional. Namun, setelah direnovasi oleh keluarga dan pemerintah provinsi, baru tempat itu mulai dikenal dan sering dikunjungi.

“Pejabat sekarang ini sepertinya pada lupa dengan Dokter Tjipto, gubernur saja tidak pernah ke sini. Seingat saya gubernur Jateng yang ke sini cuma Pak Ismail. Bupati ya Pak Munjirin, lalu Pak Wakil Presiden (Boediono) pernah ziarah ke sini sebelum pilpres lima tahun lalu. Kalau pengusaha ya Pak Aburizal Bakrie dan anaknya yang istrinya artis itu," pungkasnya.

Lukisan Dokter Tjipto Mangunkusumo



Sumber : Kompas (Dengan perubahan seperlunya)

Posting Komentar